Profil

SEJARAH PASCASARJANA IAN CURUP

Pendirian Pascasarjana merupakan obsesi seluruh civitas akademika yang pada saat itu masih bernama Pascasarjana STAIN Curup, yang sudah tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Master Plan STAIN Curup tahun 2007/2011–2012/2016, dan mendapat dukungan penuh dari Senat dan segenap civitas akademika STAIN Curup. Dalam rentang waktu yang panjang, berbagai upaya telah dilakukan untuk dapat memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi pendirian Pascasarjana. Upaya-upaya rintisan telah pula dilakukan, di antaranya dengan mengadakan studi banding Pascasarjana pada tahun 2012, yang diselanggarakan oleh Panitia Persiapan Pendirian Pascasarjana STAIN Curup.

Bersamaan dengan itu, Panitia tersebut melakukan studi kelayakan atas berbagai potensi yang dimiliki STAIN Curup, mempelajari kekuatan dan kelemahan, peluang, dan tantangannya, serta kondisi-kondisi strategis Kabupaten Rejang Lebong yang merupakan bagian dari Provinsi Bengkulu dan beberapa provinsi tetangga seperti, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Jambi dengan Kabupatennya Singkut, Sarolangun, Bangko, dan Muara Bungo. Hasil kajian ini dituangkan dalam Proposal Pendirian Pascasarjana STAIN Curup, selanjutnya disampaikan kepada Mentri Agama Republik Indonesia. Selain itu, dalam rangka memenuhi tuntutan objektif terhadap kebutuhan Pendidikan Pascasarjana (S2) di kalangan dosen, guru, dan karyawan di wilayah Provinsi Bengkulu.

Akhirnya, ikhtiar panjang itu berbuah hasil, dengan lahirnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam nomor 6271 Tahun 2014 tanggal 05 November 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Pascasarjana Program Magister Pada STAIN Curup. Atas dasar keputusan ini, maka pada Tahun Akademik 2014/2015 STAIN Curup secara resmi mulai membuka Pascasarjana, dengan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dengan bidang kajian Manajemen Madrasah. Namun, selang setahun, Pascasarjana STAIN Curup menambah Program Studi Baru yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam.

VISI DAN MISI

VISI: Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Islam yang  bermutu, religius, inovatif dan kompetitif dalam  riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia pada tahun 2024.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan berbagai disiplin ilmu melalui penelitian yang bermutu, kompetitif dan professional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai salah satu proses pemantapan dan pemanfaatan hasil-hasil penelitian.
  4. Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menuju keluhuran akhlak dan profesional.
  5. Membangun tata kelola yang profesional untuk menghasilkan pelayanan prima bagi civitas akademika dan masyarakat.
  6. Melaksanakan kegiatan peengembangan diri mahasiswa (soft skill).  

PIMPINAN DAN STAF

  1. Direktur : Dr. Fakhruddin, S.Ag, M.Pd.I
  2. Wakil Direktur : Dr. Lukman Asha, M.Pd
  3. Ketua Prodi MPI : Dr. Hj. Jumira Warlizasusi, M.Pd
  4. Ketua Prodi PAI : Dr. Sutarto, M.Pd
  5. Ketua Prodi IAT : Dr. Hasep Saputra, M.A
  6. Gugus Mutu : Dr. Nuzuar, M.Pd
  7. Gugus Mutu : Rifanto bin Ridwan, Ph.D
  8. Gugus Mutu : Dr. Sumarto, M. Pd.I
  9. Kasubbag : Ruly Sumanda, S.H
  10. Staf : Putra Aviko, S.Pd
  11. Staf : Ratna Yunita, S.Pd.I

DOSEN TETAP

  1. Prof. Dr. H. Budi Kisworo, M.Ag
  2. Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd.
  3. Dr. Fakhruddin, M.Ag.
  4. Dr. Ahmad Dibul Amda, M.Ag
  5. Dr. Nuzuar, M.Pd
  6. Dr. H. Ifnaldi Nurmal, M.Pd
  7. Dr. H. Beni Azwar, M.Pd.,Kons.
  8. Dr. H. Lukman Asha, M.Pd.I
  9. Dr. H. Hamengkubuwono, M.Pd
  10. Dr. H. Saidil Mustar, M.Pd
  11. Dr. Yusefri, M.Ag
  12. Dr. Murni Yanto, M.Pd
  13. Dr. Hj. Jumira Warlizasusi, M.Pd
  14. Dr. Kusen, S.Ag., M.Pd
  15. Dr. Idi Warsah, M. Pd.I
  16. Dr. Sutarto, S.Ag., M.Pd
  17. Dr. Syarial Dedi, M.Ag
  18. Dr. Muhammad Istan, SE., M. Pd., MM
  19. H. Rifanto Bin Ridwan, Ph.D
  20. Dr. Hasep Saputera, MA
  21. Dr. Deri Wanto, MA
  22. Dr. Sumarto, M.Pd.I

CONTACT:

Jl. Setia Negara 1 Kotak Pos 108 Telp. (0732) 21010-7003044 Fax (0732) 21010 Curup 39119. Website: http://pasca.iaincurup.ac.id, email: admin@iaincurup.ac.id