GUGUS MUTU

Gugus Mutu Pascasarjana IAIN Curup

Dr. Sumarto, M.Pd.I (sumarto.pasca@iaincurup.ac.id (sumarto.manajemeno@gmail.com). Dr. Nuzuar, M.Pd. H. Rifanto Bin Ridwan, Ph.D. Staf : Putra Aviko, S.Pd. Ratna Yunita, S.Pd.I

Dalam Pasal 52 UU RI No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi.

Secara umum yang dimaksud dengan penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar pengelolaan dan proses secara konsisten dan berkelanjutan sehingga konsumen, produsen dan pihak lain yang berkepentingan memperoleh kepuasan. Dengan demikian, penjaminan mutu perguruan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan standar pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan.

Pascasarjana IAIN Curup merasakan adanya tuntutan obyektif

Untuk menyelenggarakan sistem penjaminan mutu dalam hal ini untuk tingkat Fakultas/ Program Pascasarjana adanya Gugus Penjaminan Mutu. Tuntutan ini kemudian membawa  Pascasarjana IAIN Curup melakukan pembenahan diri, kemudian dilanjutkan dengan penetapan standar mutu di semua lini untuk memberikan kepuasan pada stakeholders.

Komponen yang menjadi jaminan mutu ditetapkan sebagai Standar Akademik Pascasarjana IAIN Curup.

Semua unsur/ komponen ini harus terus diupayakan agar berada pada kondisi sebaik mungkin untuk mencapai mutu terbaik, yang sekaligus mencerminkan mutu  Pascasarjana IAIN Curup. Upaya peningkatan kinerja dan mutu dilakukan terhadap hasil pelaksanaan dan pencapaian semua standar yang dibuat.

Gugus Penjaminan Mutu akademik di tingkat Pascasarjana IAIN Curup terdiri atas; Direktur, Wakil Direktur, Ketua Program Studi, Koordinator dan Anggota Gugus Penjamin Mutu.

Direktur bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pembinaan tenaga akademik, tenaga administrasi, dan mahasiswa. Direktur bertanggung jawab atas terjaminnya mutu akademik di Pascasarjana IAIN Curup. Dalam mengemban tanggung jawab akademik, Direktur dibantu oleh Wakil Direktur, Ketua Program Studi, Koordinator dan Anggota Gugus Penjamin Mutu, yang bertanggung jawab atas tersusunnya:

  1. Kebijakan Mutu Akademik
  2. Standar Mutu Akademik Pascasarjana IAIN Curup (Standar Operrasional Prosedure),
  3. Pedoman Akademik
  4. Manual Mutu Akademik Pascasarjana IAIN Curup,
  5. Manual Prosedur Mutu Akademik Pascasarjana IAIN Curup yang selaras dengan Kebijakan Akademik, Standar Akademik, Peraturan Akademik, Manual Mutu Akademik, dan Manual Prosedur di tingkat Institut.

Koordinator dan Anggota Gugus Penjaminan Mutu bertugas untuk melaksanakan kegiatan penjaminan mutu akademik di tingkat Pascasarjana IAIN Curup

Dibentuk dengan uraian tugas dari Direktur Pascasarjana IAIN Curup. Tugas-tugas Gugus Penjaminan Mutu tersebut adalah membantu Direktur atau Wakil Direktur dalam pengembangan sistem penjaminan mutu akademik yang mencakup antara lain:

  1. Penjabaran Kebijakan Akademik Pascasarjana IAIN Curup
  2. Penjabaran Standar Akademik Pascasarjana IAIN Curup
  3. Penjabaran Peraturan/Pedoman Akademik (No. 201/Sti.02/I/KP.02.3/04/2018)
  4. Penjabaran Manual Mutu Akademik Pascasarjana IAIN Curup,
  5. Sosialisasi sistem penjaminan mutu ke semua civitas akademika di Pascasarjana IAIN Curup
  6. Pelatihan dan konsultasi kepada civitas akademika Pascasarjana IAIN Curup tentang pelaksanaan penjaminan mutu.

Dalam melaksanakan tugasnya Gugus Penjaminan Mutu melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu di tingkat Institut.

Direktur dan Wakil Direktur sebagai penanggung jawab pelaksanaan penjaminan mutu akademik, menunjuk seorang sebagai Pelaksana – Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur.

Tugas Pelaksana Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) adalah:

  1. Membentuk tim audit mutu akademik internal;
  2. Melaksanakan pelatihan audit untuk anggota tim audit mutu akademik internal;
  3. Melakukan koordinasi audit akademik internal terhadap Program Studi.

Kebijakan Standar Akademik terdiri dari sepuluh butir mutu:

  1. Kurikulum Program Studi
  2. Standar isi perkuliahan
  3. Sumber Daya Manusia
  4. Mahasiswa dan Kompetensi Lulusan
  5. Proses Perkuliahan
  6. Sarana dan Prasarana Akademik
  7. Suasana Akademik
  8. Penelitian dan Publikasi Ilmiah
  9. Pengabdian kepada Masyarakat
  10. Manajemen Akademik
  11. Manajemen Kelembagaan

Download Kebijakan Mutu Pascasarjana IAIN Curup :