Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah

(29/7/2019) Buku Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah Karya Dr. Sumarto, M.Pd.I (Dosen Pasacsarjana IAIN Curup Prodi Manajemen Pendidikan Islam)

Bisa menjadi salah satu referensi bagi civitas akademika dan masyarakat secara umum, dapat dikembangkan dalam bentuk diskusi, seminar dan kajian penelitian berikutnya.

Buku Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah diterbitkan oleh Media Salim.

Bekerja sama dengan BAZNAS Jambi, dengan Prolog dari Prof. Dr. H. Amir Faisol, M.Ed, Dr. H. Hidayat, M.Pd dan Direktur Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi Prof. Dr. H. Mukhtar, M.Pd. Buku ini tidak sekedar kajian teoritis tetapi menyajikan data hasil penelitian tentang Transformasional Kepemimpinan Kepala Madrasah di Provinsi Jambi.

Beberapa kajian dalam buku membahas tentang ;

Pemimpin transformasional menjelaskan bagaimana pemimpin mengubah lembaga dengan menciptakan, mengkomunikasikan dan memberi inspirasi. Melakukan perpindahan perubahan dalam menanamkan budaya madrasah dengan proses belajar mengajar yang baik, pemenuhan dan perbaikan fasilitas, prestasi belajar dan ekstrakurikuler, ibadah keagamaan, disiplin dan kerja sama yang baik internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menemukan konsep kepala madrasah transformasional dalam menanamkan budaya madrasah, peran kepemimpinan transformasional dan keberhasilan peran kepemimpinan transformasional dalam menanamkan budaya madrasah.

Kepala Madrasah yang transformatif harus memiliki kepribadian muslim sebagaimana Rasulullah SAW

Mengetahui kebutuhan anggota, membangun rasa percaya diri dan anggota, membangun komitmen bersama dalam melakukan perpindahan menuju perubahan yang lebih baik, kreatif, produktif dan berinovasi, teladan dan berani menghadapi tantangan, sensitifitas terhadap keluhan dan saran anggota, bermusyawarah dan semangat motivasi. Peran kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah sebagai penentu arah (direction setter), agen perubahan (agent of change), juru Bicara (spokesperson), pelatih (coach) yang baik, penggalang dukungan (support-getter), penjamin kesuksesan (succes-guarantor) dan pemandu jalan untuk melakukan perpindahan perubahan yang labih baik (path-finder).

Peran kepemimpinan transformasional Kepala Madrasah

Dalam menanamkan budaya madrasah dengan menerapkan idealiced influence, inspirational motivation, intelelectual stimulation dan individualized consideration dan pencapaian keberhasilan dengan kepribadian pemimpin yang baik, faktor pendidikan, pengalaman yang tinggi, kerja sama yang baik.

Untuk lebih lanjut informasi tentang Buku

Bisa menghubungi Dr. Sumarto, M.Pd.I (Dosen Pasacsarjana IAIN Curup Prodi Manajemen Pendidikan Islam) sumarto.manajemeno@gmail.com. CP. 0821-3694-9568. Website : https://literasikitaindonesia.com/profil-dr-sumarto-m-pd-i/

admin

Dr. Sumarto, M.Pd.I Dosen Pascasarjana IAIN Curup, Tinggal di Curup - Bengkulu - Indonesia, Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *